Wednesday, November 29, 2006

just a quote



A good traveler has no fixed plans, and is not intent on arriving.

Lao Tzu

Thursday, November 23, 2006

Doa Bapa Kami

tanpa judul aja

Problem utama dari kebanyakan orang di dunia ini ialah kesepian. Apakah Anda mengetahui kebanyakan orang yang dtg kepada para pembimbing agama mereka, karena mereka mempunyai problem kesepian atau tidak mendapatkan kasih sayang maupun penghargaan? Apakah Anda mengetahui bahwa lebih dari 70% orang bunuh diri, karena merasa kesepian? Rasa kesepian dapat membuat orang jadi depresif, sehingga akhirnya mereka terjerumus jadi pecandu alkohol, maupun narkoba. Kesepian (lonely) bukannya berarti seorang diri (alone), sebab di dalam dunia yang penuh hiruk pikuk dan hingar bingar sekalipun, ternyata banyak sekali orang yang merasa kesepian, padahal seharian penuh, kita menerima puluhan email, maupun SMS, tetapi kenyataannya ini semua tidak dapat mengusir rasa kesepian. Disamping itu kebanyakan dari kita sudah memiliki HP jadi sebenarnya rasa kesepian itu tidak harus ada, walaupun demikian banyak orang yang merasa kesepian, merasa ditinggal sendirian, haus akan rasa kasih, rasa kehilangan dsb-nya.
Menurut psikolog, rasa kesepian itu berasal dari dalam hati. Sehingga lingkungan kerja yang sibuk dan teman2 di sekelilingnya sekalipun, tidak akan mampu mengusir rasa sepi. Di kota2 besar, rasa kesepian ini banyak melanda para wanita karier dan profesional muda. Meskipun mereka memiliki aktivitas yang cukup padat dan setiap hari selalu bertemu dengan banyak orang, ada perasaan sunyi di sudut hatinya. Rasa kesepian tidak bisa dihilangkan dengan uang. Rasa kesepian bisa saja timbul, walaupun kita sudah memiliki pasangan hidup, keluarga, pekerjaan maupun memiliki banyak sahabat.
Bahkan Ratu Belanda - Beatrix sendiri pernah mengungkapkan bahwa ciri jabatan dari seorang Ratu adalah „Kesepian namun tidak pernah sendiri". Kesepian itu bukannya, karena tidak ada orang disekitar kita, tetapi di dalam hati maupun perasaan kita merasa se-akan2 mereka tidak membutuhkan mau memperhatikan kita lagi. Tiap orang membutuhkan atensi maupun kasih sayang!
Tetapi yang paling mengerikan adalah saat kita justru kesepian ketika kita bersama orang yang kita kasihi, tetapi sayangnya kita tak bisa `menyentuh'nya, karena ia sedang sibuk entah dengan acara TV maupun hobi/pekerjaannya. Berapa banyak Ibu Rumah Tangga yang kenyataannya lebih tertarik akan pembicaraan pemeran di sinetron daripada pembicaraan sang suami atau anaknya. Kesepian adalah salah satu bentuk kesedihan. Kata kesepian itu berasal dari akar kata "sepi" yang dalam kamus sering di definisikan sebagai "tanpa teman, tersisih … sendirian."
Sedangkan kata sifat "sendirian" berarti "Merasa tersisih, karena tidak ada yang menemani". Kesepian sering kali memanifestasikan diri dalam bentuk rasa sakit, rasa hampa, dan efek samping yang lebih gawat lagi ialah sering kali berbentuk depresi yang mendalam sampaikan menyebabkan bunuh diri. Dan apakah Anda tahu bahwa kesepian itu bisa jadi pemicu potensial penyebab penyakit jantung koroner ataupun kanker.
Suatu penelitian bahkan pernah mengatakan bahwa pada tahun pertama setelah ditinggal mati oleh orang yang kita kasihi, maka risiko faktor angka kematian akan meningkat tujuh kali lipat jauh lebih tinggi. Sehingga banyak sekali orang yang mengajukan pertanyaan: "Where are You, God, when I'm lonely?" pasti jawabannya ialah "Right beside you!", walaupun kita tidak merasakannya, tetapi Tuhan selalu hadir di dalam kesepian kita, karena kasih Nya, Ia tidak akan meninggalkan kita dalam keadaan apapun juga kita berada.
Tuhan menciptakan dunia dan alam semesta ini dalam keadaan sempurna, tetapi kenyataannya masih saja ada yang kurang dan yang "tidak baik" ialah "rasa kesepian". Oleh sebab itulah problem kesepian itu adalah problem dunia dan problem manusia yang pertama yang diatasi oleh Allah TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." ...Lalu TUHAN Allah membuat manusia itu tidur nyenyak; ketika ia tidur, TUHAN Allah mengambil salah satu rusuk dari padanya, lalu menutup tempat itu dengan daging. Dan dari rusuk yang diambil TUHAN Allah dari manusia itu, dibangun-Nyalah seorang perempuan, lalu dibawa-Nya kepada manusia itu."
Filsuf Jerman, Nietzsche, melukiskannya begini "Kurangnya cinta terhadap diri sendiri menyebabkan kesepian sehingga menjadi penjara yang paling berat bagi manusia". Dan kuncinya hanya bisa dibuka dari dalam ialah oleh diri kita sendiri. Setiap orang yang merasa kesepian harus berani mengambil keputusan: "Apakah saya mau membayar harga untuk mengubah situasi kehidupan saya ini? Pertama dengan belajar mengasihi orang lain terlebih dahulu dan berhenti menaruh belas kasihan terhadap diri sendiri. Kasih itu seperti gema, pasti ia akan balik kembali !

senja di sengkang

senja...
senja ini seperti senja-senja lainnya
senja di jalanan menuju sengkang ini,
merupakan senja terindah yang kulihat selama di sulawesi




tapi...
itu hanya senja
seperti senja-senja yang lain
seperti senja-senja yang sudah pernah ada
seperti senja-senja yang akan ada...

Sunday, November 19, 2006

olahraga malam

ada yang spesial ketika aku dan teman2 bermain futsal tadi malam. tidak seperti minggu2 malam sbelumnya... malam kemaren, sebuah stasiun tipi di bilangan mampang datang meliput. hubungan kesehatan dengan olahraga malam adalah tema yang mereka angkat sebagai liputannya. adalah paru2 basah katanya, yang merupakan penyakit yang timbul dari olahraga yang dilakukan malam hari.



aneh, rasanya selama ini rasanya aku tidak pernah merasakan apa2 lho... ato mungkin belom kalee yee? moga2 nggak... amien!
tapi apakah olahraga malam yang di maksud, ato yang menyebabkan paru2 basah tersebut cuma futsal huehuehue.... kan banyak macam olahraga yang dapat dilakukan 'malam hari' xixixixi...


pokoknya seru aja liat temen2 bermain maksimal malam itu. sori pren... akhirnya gw yang kepilih ama reporternya bwt d wawancarai huehuehue... piss yo!